Spot Terbaik untuk Melihat Sakura di Kagoshima City

by - March 25, 2022

Tidak terasa bulan Maret sudah hampir di pengujungnya ya.. Di Jepang, saat ini adalah momen perubahan musim dari musim dingin ke musim semi yang ditandai dengan mekarnya Bunga Sakura. Momen ini juga dijadikan Jepang sebagai awal dari permulaan hal yang baru, yaitu kenaikan kelas, kelulusan dan awal masuk kerja sehingga bisa dipastikan hiruk-pikuk terjadi di seluruh tempat.

Bicara tentang Sakura pasti tidak akan jauh-jauh dari merencanakan Hanami. Perubahan suhu dari yang semula dingin menjadi lebih hangat memang cocok dijadikan ajang berkumpul bersama teman atau kerabat. Nah, tempat favorit Hanami di Kagoshima City itu ada dimana saja sih? Berikut ini saya tuliskan ulasan tempat-tempat favorit saya menikmati Hanami selama tinggal di Kagoshima City.


KOTSUKIGAWA (甲突川)

Kotsukigawa adalah sungai yang mengalir di Kagoshima City. Sepanjang tepi sungai Kotsuki terdapat pohon Sakura yang merupakan spot favorit bagi warga Kagoshima untuk melakukan Hanami. Tentu saja ini karena lokasinya yang berada tepat di jantung Kota Kagoshima sehingga sangat mudah di akses bagi pengunjung dengan berbagai moda transportasi. 

Seorang warga memotret bunga Sakura di tepi Sungai Kotsuki

Pada musim Sakura, biasanya banyak sekali tikar atau terpal dibentangkan oleh warga untuk mereservasi tempat hanami. Pemerintah kota pun turut berpartisipasi dengan menghiasi sepanjang bantaran sungai dengan lampion, menginstall toilet darurat dan tempat sampah untuk memfasilitasi warganya yang mengadakan party di bawah pohon sakura. 

Sakura di Kotsukigawa tidak mekar secara serentak. Namun terdaapat beberapa spot yang biasanya bunga sakura mekar secara bersamaan. Bagi saya, spot paling bagus (bunga Sakuranya) dan nyaman dijadikan tempat makan bersama adalah di dekat tram station Takamibashi (tepat di seberang patung Okubo Tsucimichi) hingga sebelah museum Meiji Restorasi, kemudian lokasi di dekat tram station Takenohashi tepat dimana patung Masayoshi Matsukata berada. Spot terakhir ini juga merupakan tempat favorit jogging bagi saya.

Mulanya saya kurang menyukai spot ini karena terlalu banyak orang. Untuk bisa berfoto dengan leluasa, kami perlu datang pagi-pagi sekitar pukul 07.00 saat masih sepi. Tapi, saat pandemi dimana tidak boleh mengadakan party, orang-orang hanya berlalu lalang saja sehingga memungkinkan saya untuk mengeksplor tempat ini lebih bebas.


YOSHINO PARK (吉野公園)

Yoshino Park merupakan sebuah taman yang terletak disebelah utara Kota Kagoshima. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit untuk melakukan hanami karena tempatnya sangat luas. Selain itu, tersedianya playground yang cukup besar tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi orang tua untuk mengajak anak-anaknya bermain. Bagi saya pribadi, pemandangan langsung Gn. Sakurajima beserta Kinko Bay dari observatory deck adalah bagian yang paling saya sukai.

Mejiro and Kawazuzakura in Yoshino Park
Burung Mejiro menghisap nektar bunga Kawazuzakura di Yoshino Park

Terdapat beberapa jenis sakura yang ditanam di taman ini, termasuk salah satunya Kawazuzakura yang mekar paling duluan dibanding jenis sakura lain yaitu pada akhir musim dingin, bulan Februari. Setelah itu, bunga sakura jenis lain akan menyusul mekar secara berkesinambungan. Saya selalu menyempatkan diri berkunjung pada akhir Februari untuk melihat Ume dan Kawazuzakura, kemudian pada awal April untuk menikmati jenis sakura lain dan melakukan hanami bersama teman-teman. 

Baca Lebih Lengkap: Sakura di Akhir Musim Dingin


Hanami in Yoshino Park, Kagoshima
Aktivitas Hanami di Yoshino Park

Yoshino Park terletak agak jauh dari pusat kota, tetapi dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Pengunjung bisa menggunakan bus dari depan Kagoshima Chuo Eki yang akan berhenti tepat di depan pintu masuk Yoshino Park.


SAKURAGAOKA (桜ヶ丘)

Sakuragaoka secara harfiah berarti bukit bunga sakura (oka (丘) berarti bukit). Seperti namanya, banyak sekali pohon sakura tumbuh di sini dan bermekaran indah pada musimnya. Namun, karena lokasinya yang cukup jauh dari kota, tempat ini tidak termasuk daftar tempat favorit untuk hanami di Kagoshima City versi Weather News.

Hanami PPI Kagoshima 2018 di Sakuragaoka

Saya mengetahui tempat ini dari beberapa teman saya yang melakukan studi kedokteran di Kagoshima University yang kampusnya terletak di Sakuragaoka. Kami, PPI Kagoshima, pernah melakukan hanami di belakang parkiran Fakultas Kedokteran karena tempatnya nyaman dan bunga sakuranya cukup indah. Alasan lain tentunya karena sepi, sehingga kami tidak perlu berebut dengan orang lain untuk reservasi tempat. Dan karena sepi dan luas, kami bebas mengeksplorasi tempat ini untuk berfoto-foto tanpa khawatir mengganggu orang lain.


KAGOSHIMA FUREAI SPORTLAND(ふれあいスポーツランド)

Kagoshima Fureai Sportland, yang isinya secara umum adalah fasilitas olahraga, terletak tidak jauh dari Sakuragaoka. Meskipun demikian, terdapat ruang terbuka di depan kolam renang yang terdiri dari lapangan dan playground. Di tempat inilah tumbuh beberapa jenis pohon sakura seperti kanhi dan kawazuzakura.

Sakura di Fureai Sportland

Saya mengunjungi tempat ini bersama PPI Kagoshima di awal April 2020 sebelum pemerintah Jepang menetapkan State of Emergency, sehingga terlihat belum banyak orang mengenakan masker meskipun mereka sudah membatasi jarak dengan kelompok lain.

Tempat ini juga bukan termasuk daftar spot hanami terkenal di Kagoshima, sehingga bisa dipastikan jumlah pengunjungnya tidak akan sepadat di Kotsukigawa ataupun Yoshino Park. Namun, adanya area bermain anak-anak inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Buat saya secara personal, running track dibawah pohon sakura adalah hal yang menarik bagi saya.


SAKURAJIMA (桜島)

Sakurajima adalah sebuah pulau kecil dimana gunung Sakurajima berada. Sakurajima secara harfiah berarti pulau bunga sakura (shima (島) berarti pulau, dibaca jima jika dalam penulisannya didahului oleh kanji lain). Sama seperti Sakuragaoka, Sakurajima juga tidak termasuk dalam daftar tempat favorit untuk hanami versi Weather News, tetapi pemandangan bunga Sakura disini tidak boleh diabaikan.

Sakura tunnel di Sakurajima

Saya mengunjungi Sakurajima khusus untuk hanami di tahun 2020, tepat ketika pandemi Covid-19 merebak dan Jepang menetapkan status Emergency State. Jenuh dengan situasi yang mengharuskan kami tidak boleh kemana-mana, teman saya akhirnya membawa saya menyusuri lorong sakura dengan mobil di Sakurajima. 

Pohon sakura di Sakurajima cukup banyak baik dari jenis dan jumlahnya. Jika tidak pandemi, saya yakin tempat ini juga ramai dikunjungi masyarakat sekitar dan wisatawan karena di bawah pohon sakura disediakan meja dan kursi tempat peristirahatan oleh pemerintah setempat. 


Itu tadi daftar tempat favorit hanami saya selama tinggal di Kagoshima. Meskipun beberapa tempat di atas adalah hidden gem alias tidak termasuk daftar favorit bagi orang secara umum, tapi justru itu membuat saya bisa lebih mengeksplorasi tempat untuk berfoto-foto atau mengambil gambar khusus untuk fotografi. Buat saya, mencari tempat hanami tidak perlu yang terkenal, cukup yang nyaman saja. Semakin populer tempat tersebut, sudah bisa dipastikan akan semakin ramai pengunjung.

Sakura itu udah cantik dengan sendirinya, jadi tidak peduli di manapun dia tumbuh, dia yang akan membuat tempat tersebut menjadi lebih cantik ketika musimnya berbunga 😉

Sampai ketemu lagi di catatan berikutnya ya 👋






Note: Reservasi tempat untuk Hanami itu hampir sama seperti Hanabi (firework festival di musim panas), yaitu berebut datang paling cepat, yang biasanya ibu-ibu Jepang is the best kalau urusan seperti ini 😅

You May Also Like

8 comments

  1. Adem banget pemandangannya. Entah kapan bisa punya foto dengan latar belakang tempat ini(no edit).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ria.. musim semi memang paling bagus pemandangan dan suhunya juga buat manusia-manusia tropis seperti kita, hhehe. Insya Alloh ada kesempatan mbak, semoga diberi kelebihan rezeki buat ke sana nantinya... :))

      Delete
  2. Hi Kak Arinal. Lagi belajar di Jepang kan? Asyik bangettt... Dulu aku pernah ke Jepang waktu kerja di salah satu perusahaan AC no. 1 di Jepang. Hahaha... Waktu itu aku ke sana sekitar akhir April - awal Mei sehingga sakuranya udah pada rontok. Jadi sampai sekarang aku belum pernah tuh merasakan dan menikmati hanami.

    Sukses belajarnya dan salam kenal yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Felisabe.. Salam kenal juga mbak :)
      Iya mbak, alhamdulillah dikasih kesempatan buat belajar sambil berwisata, hhehe.

      Pas tanggal segitu kemungkinan sakura di daerah Tohoku sama Hokkaido lagi mekar-mekarnya mbak.. Tapi nggak papa lah ya mbak, semoga diberi kesempatan ke sana lagi suatu saat nanti.

      Thanks for visit mbak :))

      Delete
  3. wow.. saya suka jalan-jalan nih, jadi terinspirasi bgt dg artikel semacam ini, menceritakan pengalaman kisah travelling ke Jepang..
    bakalan banyak mencari spot Fotografi Travelling nih

    udah tau kan
    Apa itu Definisi Seni Fotografi Travelling..? hehee.. yuks berbagi informasi di blog saya juga di laman tegaraya.com

    artikel terkait lainnya silahkan menelusuri juga label Fotografi pada laman tegaraya.com

    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama nih mas Tomy.. travelling dan fotografi itu sepaket.
      Iya saya kemarin sudah baca blognya, nanti saya eksplorasi lagi di bagian fotografi-nya.

      Thanks ya mas sudah meninggalkan jejak :))

      Delete
  4. Negara yang paling ingin aku tuju ini loh. Seindah itu pas lagi mekar bunga sakuranya. semoga dikasih rejeki ke sana entah kapan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh pas banget dong mbak nemu artikel di blog ini :))
      Iya sakura is the best momen di Jepang pokoknya! Selain cantik bunganya, suhu-nya juga pas banget buat hang out.
      Aamiin... aamin... semoga dikasih rezeki ke sana ya mbak suatu saat nanti :))

      Delete

Thanks for leaving your comments