Cara Mengaktifkan Ohanami Alarm di Aplikasi Weather News

by - March 04, 2022

Salah satu cara yang saya gunakan untuk memantau perkembangan bunga Sakura adalah dengan mengaktifkan Ohanami Alarm di aplikasi Weather News. Karena aplikasi ini berbahasa Jepang, saya akan tuliskan step by step cara mengaktifkannya di post ini. Jadi yuk dibaca pelan-pelan...

Pertama, pastikan sudah menginstal aplikasi Weather News. Kemudian buka aplikasinya.

Aplikasi Weather News

Jika muncul pop up Ohanami Alarm (お花見アラーム), maka langsung saja klik tombol register(登録する)seperti ditunjukkan oleh anak panah di bawah. 

Pop Up Hanami Alarm

Jika pop up tidak muncul, tenang saja. Kita akan mulai dari halaman mai tenki (マイ天気), scroll ke bawah sampai menemukan gambar berikut ini, lalu tekan bagian Register Here (登録はこちら) seperti panduan pada gambar di bawah ini.

Halaman Mai Tenki

Setelah muncul Ohanami Alarm, kita perlu memilih tempat berdasarkan lokasi saat ini (現在地), area (エリア), atau memasukkan nama tempat secara langsung(スポットを名から検索する). Jika memilih berdasarkan lokasi saat ini, kita akan disarankan spot-spot Hanami terdekat dengan lokasi kita berasa. Jika memilih area, kita bisa mengecek seluruh spot Hanami di Jepang berdasarkan area-nya. Jika kita mengisikan langsung nama tempat, kita perlu menuliskannya dalam tulisan Kanji. 

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan prosedur jika kita memilih Area.

Ohanami Alarm

Kemudian kita akan diarahkan untuk memilih salah satu Area yang ada di Jepang, yaitu Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku dan Kyushu. Selanjutnya saya akan memilih area Kyushu.

Memilih Area

Di Area Kyushu, kita perlu memilih salah satu perkefture yang ada, yaitu Fukuoka, Saga, Nagasaki, Oita, Kumamoto, Miyazaki dan Kagoshima. Dan saya akan memilih Kagoshima. 

Memilih Perfekture

Kemudian akan ditampilkan hasil pencarian di Kagoshima Perfektur, yaitu terdapat 18 spot Hanami dilengkapi dengan gambar kondisi terkini perkembangan sakura. Disini, saya akan memilih spot di Kotsukigawa yang dekat dengan kediaman saya.

Sakura Spot di Kagoshima Perfektur

Setelah itu akan muncul informasi seperti berikut: 

Kotsukigawa Riverbank: 

Full bloom, best time to see, falling cherry-blossoms of 3 steps Hanami best timing will be notified.

Lalu kita cukup menekan bagian berwarna merah muda untuk registrasi.

Ohanami Alarm untuk Kotsukigawa

Setelah registrasi berhasil, akan muncul halaman dibawah ini. Ohanami alarm sudah diregistrasi. Selamat menikmati sakura mekar penuh, saat terbaik untuk melihat sakura, dan reruntuhan bunga sakura.

Halaman apabila sudah teregistrasi

Kita bisa meregistrasikan lebih dari satu tempat, misalnya kita ingin memantau spot sakura di tempat lain. Nanti, pada saatnya tiba (buka mekar penuh, atau sakura mulai berguguran), kita akan mendapat alarm dari Weather News. Gampang bukan? 😉

Okay, itu tadi sekilas life hack di Jepang. Semoga bermanfaat ya teman-teman...

See you again, 



You May Also Like

0 comments

Thanks for leaving your comments