Jadwal Melihat Bunga Sakura (Ohanami) 2022 di Jepang

by - March 02, 2022

Menurut forecast (ramalan) yang dikeluarkan oleh Weather News, bunga Sakura di Tokyo akan mekar penuh pada 20 Maret 2022. Kemudian akan disusul oleh kota Hiroshima dan Fukuoka (21/03), Nagoya (23/03), Kochi (24/03), Osaka (24/03), Kagoshima (27/03) dan Kanazawa (31/03).

Sedangkan Jepang bagian timur (Eastern Japan) sakura baru akan mekar penuh pada awal bulan April. Sakura di Kota Sendai akan mekar penuh pada 3 April, disusul Nagano dan Niigata (07/04), Akita (08/04), Aomori (15/04), Sapporo (23/04) dan terakhir Kushiro (08/05).

Jadi, sudah siapkah kamu melakukan Hanami?😍

Sakura Full Bloom Forecast from Weather News
Ramalan Bunga Sakura Mekar Penuh oleh Weather News

Ohanami Alarm (お花見アラーム)

Meskipun sudah disampaikan kalau Sakura di Kagoshima akan mekar penuh pada tanggal 27 Maret 2022, tetapi kenyataan di lapang bisa sedikit berbeda. Ini dipengaruhi faktor ketinggian tempat dan jenis (varietas) bunga Sakura di masing-masing lokasi. Bunga Sakura di Yoshino Park umumnya mekar lebih cepat dibandingkan bunga Sakura di Sakurajima maupun di Kotsukigawa.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memantau kondisi bunga Sakura di masing-masing tempat yang akan dituju dengan mengikuti hashtag nama tempat (#kotsukigawa) di Instagram, melihat foto/video terkini di Google Map tempat tersebut, atau dengan mengaktifkan alarm di aplikasi Weather News. Info lebih lengkap dapat dibaca di tulisan cara mengaktifkan Ohanami Alarm di aplikasi weather news.

Ohanami di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, Pemerintah Kota Kagoshima sudah mengeluarkan pengumuman terkait Hanami (Cherry Blossoms Viewing) di sekitar Kotsukigawa, yaitu:

  • Diperbolehkan bagi keluarga untuk berjalan-jalan di sekitar Kotsukigawa dengan tetap berupaya mencegah penularan Covid-19 (menggunakan masker, menjaga etika batuk, dll)
  • Tidak diperbolehkan adanya party (yang melibatkan makan dan minum secara berkelompok).
  • Tidak diperbolehkan menggunakan api untuk barbeque.
  • Tidak akan disediakan tempat sampah atau toilet sementara.
Kondisi di tempat lain di Jepang pun biasanya tidak akan jauh berbeda. Meskipun belum bisa piknik seperti biasanya, tapi jangan khawatir. Keindahan bunga sakura masih bisa dinikmati dengan cara lain, yaitu: jogging, jalan santai atau bersepeda di sekitar bantaran sungai atau taman. Yuk, ambil kamera smartphone mu lalu cuss jalan-jalan lihat Sakura!! 🏃🚴📷🌸

Ditunggu foto-foto cantiknya ya..



You May Also Like

0 comments

Thanks for leaving your comments