Belum puas dengan sakura? Wisteria akan membuatmu lebih terpukau

by - April 25, 2022

Berbicara tema wisata yang bersifat musiman memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari semua jajaran itu, memang bunga Sakura adalah juaranya tema wisata di musim semi. Tapi kalau melewatkan momen karena sibuk pindahan atau jadwal liburannya sedang tidak cocok, tidak ada salahnya teman-teman mempertimbangkan bunga Wisteria.

Buat penggemar anime Demon Slayer (Kimetsu no Yaiba) pasti sangat akrab dengan bunga satu ini yang konon dalam cerita sangat dibenci oleh demon atau iblis karena efeknya yang sangat beracun di tubuh mereka.

Wisteria Kimetsu no Yaiba
Kamado Tanjiro di anime Kimetsu no Yaiba memasuki hutan penuh Wisteria


   


Selepas dari cerita tersebut, buat Wisteria atau yang dalam bahasa Jepang-nya disebut Fuji (藤) ini memiliki aroma yang sangat harum. Wisteria mulai mekar bersamaan dengan Sakura, yaitu akhir bulan Maret, dan mencapai full bloom pada akhir April hingga pertengahan Mei. 

Wisteria adalah tanaman endemik Jepang yang habitat tumbuhnya berada di pinggiran hutan di bawah perbukitan. Jadi, jangan kaget kalau taman khusus yang ditanami bunga Wisteria itu terletak cukup jauh dari pusat kota dan kurang ramah akses transportasinya.  

Karena antusias wisawatan yang cukup bagus terhadap bunga ini, untuk mengunjungi taman tematik bunga Wisteria, kini pihak penyelenggara event juga menyediakan shuttle bus yang akan menjemput dari akses transportasi umum terdekat, seperti stasiun kereta. 

Dan saat ini wisteria bisa ditemui dengan mudah di taman perkotaan yang biasanya dijadikan atap gazebo tempat peristirahatan. 

Tempat favorit untuk melihat bunga Wisteria di Jepang

Ashikaga Flower Park di Tochigi dan Kawachi Wisteria Garden di Fukuoka adalah dua nama tempat yang paling populer bagi turis asing karena pernah dinobatkan oleh CNN sebagai Japan most beatiful places. 

Ashikaga Flower Park khas dengan light up atau illumination-nya di malam hari, sedangkan Kawachi Wisteria Garden  khas dengan Wisteria Tunnel-nya yang tulisannya ada di artikel The Purple of Wisteria Tunnel. Kedua tempat ini menanam banyak varietas Wisteria, sehingga jangan heran jika nanti akan dijumpai bunga wisteria dalam berbagai bentuk dan warna.

Wisteria in Ashikaga Flower Park & Kawachi Wisteria Garden
Illumination and Tunnel of Wisteria

Nah, bagi teman-teman yang tinggal di Kagoshima tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain untuk melihat bunga Wisteria. Berikut akan saya tuliskan tempat-tempat untuk melihat bunga Wisteria di sekitar Kagoshima:


Wake Park

Wake Park terletak tidak jauh dari Wake Shrine di Kirishima City. Wake Shrine didedikasikan untuk Wake no Kiyomaru dari Wake-cho, Okayama Perfecture, tempat dimana berbagai jenis Wisteria ditanam. Wisteria di Wake Shrine ditanam pada tahun 2000 dari sumbangan 23 jenis wisteria pada peringatan 1200 tahun kematian Wake no Kiyomaro.

Wisteria in Kagoshima
Wisteria Flowers in Wake Park

Setiap tahunnya pada saat bunga Wisteria berbunga, Wake Park menyelenggarakan Wake Park Wisteria Festival (和気公園藤まつり). Pengunjung bisa melihat-lihat berbagai jenis wisteria di Wake Park dengan biaya masuk sekitar 500 Yen. Tempat parkir juga disediakan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi ke tempat ini.

Wake Park Wisteria Festival in Kagoshima
Wake Park Wisteria Festival

Fujimoto Waterfall Park

Fujimoto Waterfall Park terletak di Satsumasendai City di Perfecture Kagoshima. Tempat ini dikelola oleh komunitas lokal di Fujimoto, Satsumasendai. 

Fujimoton Waterfall Park terbuka untuk umum baik untuk berkunjung ke air terjunnya ataupun bunga Wisteria. Informasi terupdate terkait mekarnya bunga Wisteria di tempat ini dapat dilihat di website Satsumasendai Tourism.

Wisteria at Fujimoto Park Satsumasendai Kagoshima
Wisteria at Fujimoto Waterfall Park

Kokubu Shiroyama Park

Kokubu Shiroyama Park merupakan taman umum yang terletak di Kirishima City. Pengunjung tidak dikenai biaya untuk memasuki area ini, tetapi beberapa fasilitas seperti ferris wheel dan gocart diperlukan tiket untuk menaikinya.

Di sebelah utara taman, teman-teman dapat melihat Pegunungan Kirishima. Di selatan, teman-teman dapat melihat pemandangan Sakurajima dalam kemegahannya dan Kinko Bay dengan ombaknya yang tenang. 

Di taman ini terdapat playground anak-anak yang cukup besar. Bunga Wisteria akan bermekaran di akhir Maret hingga pertengahan Mei.

Wisteria di Shiroyama Park, Kokubu

Kotsuki River

Kotsuki River yang membelah Kagoshima City merupakan salah satu tempat bersantai dengan pemandangan gunung Sakurajima. Selain terdapat jalan yang memuat sejarah Restorasi Meiji, sepanjang bantaran sungai ini ditumbuhi pohon Sakura. 

Wisteria Flower in Kagoshima
Gazebo beratapkan bunga Wisteria
Saya menyadari Wisteria di Kotsuki River pertama kali saat saya sedang berlari di Jogging Track. Ketika saya mulai terengah-engah setelah berlari dua kali di Jogging Track, tiba-tiba saya mencium aroma yang sama dengan di Kawachi Wisteria Garden (Kitakyushu, Fukuoka). Bukankah ini aroma Wisteria? Dan saat saya menoleh ke atap Gazebo, memang disitu terdapat Wisteria yang sedang mekar penuh.
Wisteria in Kagoshima
Wisteria di Kotsuki River
Di setiap jembatan di Kotsuki River, setidaknya terdapat satu gazebo beratapkan bunga Wisteria yang berbunga antara akhir Maret hingga pertengahan Mei. Meskipun bunga Wisteria di tempat ini tidak mekar selebat di tempat lain, tetapi bagi teman-teman yang penasaran dengan bunga dan aroma Wisteria bisa mengunjungi Kotsuki River.

Demikian teman-teman informasi tentang bunga Wisteria di Jepang, khususnya di Kagoshima Perfecture. Bunga Wisteria adalah salah satu bunga yang mekarnya sangat dinantikan di musim semi. 


Sampai bertemu lagi di jalan-jalan selanjutnya 😉

Salam,







You May Also Like

25 comments

  1. Bunganya... bagus sekali... gantung gantung gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Ali, karena tanaman ini masih kerabat dengan anggur, jadi mirip-mirip begitu

      Delete
  2. Wahh.. keren bgt ya.. ternyata selain bunga sakura, Wisteria juga keren-keren dan bikin takjub.
    Lokasi-lokasi yang menyajikan Bunga Wisteria ini juga sangat keren untuk berwisata dan menangkap beberapa momen untuk travelling photography

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas.. dan karena bunga Wisteria ini beraroma wangi, banyak sekali lebah yang mengunjungi bunga. Jadi ini perfect sekali buat para penggemar makro photography.

      Thanks sudah berkunjung ya mas ;))

      Delete
  3. Wah senangnya kalau tinggal di jepang banyak pohon bunga bunga, pasti tiap hari dijamin nggak stress kerjaan deh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lebih ke pinter-pinternya mereka mencari sumber atraksi musiman nggak sih mbak? hhehe. Sebenarnya kan tiap tahun itu-itu saja. Tapi karena nunggunya butuh setahun, dan memang manajemen tempatnya juga bagus juga sih makanya jd obyek wisata

      Delete
  4. Musim semi tuh emang the best deh di jepang. bunga sakura mekar, bunga wisteria juga mekar. ngomong-ngomong aku baru tahu loh nama bunganya wisteria. itu awalnya tahu dari youtube tarawoni.
    semakin mau ke jepang lihat beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal bunga-bunga ini nggak ada habisnya mbak... masih ada kochia, shibazakura, hydrangea, dkk. Ini sudah jadi tema wisata musiman di Jepang.

      Semoga bisa ke sana ya :))

      Delete
  5. Buat teman-teman yang tinggal di Kagoshima tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain untuk melihat bunga Wisteria. Buat teman teman yang didesa liat tulisan sama gambar dari kakak aja udah bahagia :). terima kasih sudah banyak berbagi keindahan negeri sakura kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas... Senang tulisannya bermanfaat :))

      Delete
  6. Aaaa. Bunga Wisteria, musm semi dan Jepang adalah mimpi sayaaa..

    ReplyDelete
  7. Huaaa baca postingan ini jadi kangen jepang banget!! Musim semi emang the best yaa di jepang, semoga bisa melihat bunga wisteria ini suatu saat

    ReplyDelete
  8. Baca blog ini selalu buat iri. Bawaannya pengen detik ini juga terbang ke Jepang untuk liat bunga indah kayak wisteria ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nulis ini juga kangen berat sama Jepang mbak :))

      Delete
  9. aku kira tadi wisteria adalah theme park :D
    bagus banget ya kalau udah mekar begini, ga bakalan keburu pulang kalau liat ini sama sohib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak.. Waktu itu aku juga begitu hhehe :)) Dateng ke lokasi pas pertama kali dibuka (jam 09.00) dan pulang pas udah mau tutup (jam 17.00).

      Selain tempatnya yang emang bikin betah, ngerasa sayang juga udah bayar mahal-mahal tapi nggak dimaksimalkan.

      Delete
  10. bunga wisteria, saya jatuh cinta warna ungunya, bunganya bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak... bagus dan wangi sekali aromanya :))

      Delete
  11. Aku bahagia tiap baca artikel traveling dari kakak. Kali ini aku jadi berimajinasi jalan-jalan santai di bawah pohon wisteria di Jepang. Apalagi saat musim semi gitu dengan suhu adem-adem semriwing. Terus sambil nyeruput milk tea. Ah sedapnya!!!

    Aku baru tau loh kalo wisteria ini juga secakep itu dan sama bloomingnya kaya sakura. 😍 Ah semoga ada kesempatan pergi ke sana saat musim semi >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nulisnya juga bahagia, sambil mengingat masa-masa tinggal di sana.
      Iya betul banget, makanya orang-orang banyak yang suka hanami kalo pas sakura full bloom. Memang cuacanya enak sih..

      Iyaa, wisteria ini cantik banget mbak.. cuma sayangnya nggak segampang sakura nemuinnya.

      Sipp... semoga ada kesempatan ke sana pas the best season :)))

      Delete
    2. Iya harus daerah tertentunya kalo mau liat wisteria.. Kalo sakura mah bisa di mana-mana karena banyak ditanam 😂

      Amiiiin yang kencenggg hehe

      Delete
  12. Kalau ingat bunga wisteria, saya langsung ingat salag satu karakter game Mr. Love Queen's Choice. Kartu weddingnya pakai bunga wisteria dan bagus banget.

    ReplyDelete
  13. Ngomongin sakura, Jepang emang ga da matinya. Keren-keren yg bikin kita selalu ingin terus balik ke Jepang.

    ReplyDelete

Thanks for leaving your comments