Azalea: Melengkapi Festival Bunga Musim Semi di Jepang

by - May 16, 2022

Azalea atau Rhododendron sp. adalah salah satu bunga musim semi di negara empat musim. Namun demikian, nama bunga Azalea mungkin sangat familiar di telinga teman-teman karena banyak dibudidayakan di dataran tinggi di Indonesia.

Dalam bahasa Jepang, azalea disebut tsutsuji (躑躅), bermula dari sebuah pepatah "sangat indah sehingga orang menghentikan langkahnya". Kanji 躑 dan , keduanya sama-sama mempunyai makna "berhenti".

Budidaya Azalea juga sudah menjadi tradisi dalam sejarah Jepang. Jepang sendiri memiliki lebih dari 40 varietas Azalea endemik. Bunga yang memiliki warna berbeda-beda, mulai dari pink, putih, merah, orange, dll. ini akan bermekaran indah pada bulan April - Mei. 

Azalea berwarna pink dipadukan dengan tanaman semak berbunga kuning

Spot untuk Melihat Azalea

Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat hamparan Azalea, baik itu di taman, kuil, dan bahkan pegunungan. Contohnya: Nezu Shrine (Tokyo), Shiofune Kannon-ji Temple (Tokyo), Mt. Tokusenjo (Miyagi), Komurama Park (Shizuoka), Mifuneyama Rakuen (Saga), dst. Informasi tempat-tempat tersebut bisa diakses di website Kyuhoshi dan sumber lainnya. Beberapa tempat, contohnya Nezu Shrine, juga menyelenggarakan festival azalea saat musim semi dimana bunga tersebut bermekaran dengan sempurna. 

Waktu berbunga dari azalea dari bulan April sd Mei ini hampir bersamaan dengan mekarnya bunga sakura jenis Somei Yoshino. Sehingga jika kamu beruntung, kamu bisa melihat keduanya mekar bersamaan di taman.

Azalea dan Sakura jenis Somei Yoshino mekar bersamaan di Kotsuki River, Kagoshima

Tanaman di Pinggir Jalan 

Tanaman pinggir jalan ditanam dengan beberapa tujuan, yaitu sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan (sebagai penyerap karbon dioksida), perbaikan lanskap, dan keselamatan lalu lintas. Diantara beberapa pohon, seperti ginko dan sakura, azalea juga sering ditanam. Azalea secara khusus memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehid (salah satu penyebab Sick Building Syndrome) dan memurnikan udara. 

Pemilihan tanaman pinggir jalan ini juga mengacu pada karakteristik regional. Sebagai semak, azalea umum digunakan sebagai tanaman pinggir jalan khususnya di wilayah Kyushu. Memiliki kemampuan adaptasi pada lingkungan ekstrim, membentuk lanskap yang indah tanpa gangguan serangga dan kemampuan memurnikan udara menjadi alasan utama azalea dipilih sebagai tanaman pinggir jalan. 

Kombinasi berbagai warna azalea di depan kampus Kagoshima University

Azalea sebagai tanaman pinggir jalan

Miyama Kirishima

Buat para pendaki gunung, pasti tidak asing dengan Miyama Kirishima yang merupakan sebutan lain dari Kyushu Azalea. Miyama merujuk pada tanaman alpine, sedangkan Kirishima adalah nama Pegunungan Kirishima. Meskipun demikian, Miyama Kirishima tidak hanya endemik di Kirishima, tetapi juga banyak ditemukan di sepanjang gugusan Gunung Aso dan Gunung Unzen, membuat seluruh Kuju terkenal secara nasional.

Kyushu azalea tumbuh berkelompok di lereng gunung yang gundul dimana ekosistemnya terganggu oleh letusan gung berapi. Dengan kata lain, tempat dengan sedikit pohon atau tanpa naungan akan lebih cocok untuk pertumbuhan azalea. Tanaman azalea ini selanjutnya akan menghilang tergantikan oleh munculnya pepohonan baru beberapa dekade setelah letusan gunung berapi.

Miyama Kirishima di Mt. Karakuni (Courtesy of Japan Travel)

Okay... demikian sedikit penjelasan tentang tanaman azalea yang berwarna-warni di musim semi di Jepang. Sampai jumpa di cerita berikutnya ya...


Salam,







Referensi:

1. Kyushu Azalea (Miyama Kirishima) in the Kuju Mountain Ridge 

2. なぜ道路脇に「ツツジ」多い? 一般道や高速道脇に植物が存在する理由とは

You May Also Like

11 comments

  1. cantik banget kak bunganya

    ReplyDelete
  2. Cantik banget, semoga aku bisa liburan ke jepang

    ReplyDelete
  3. Cantiknyaaaaaa si azalea ini. Warna ungunya mentereng gitu pula. Bikin jalanan di Jepang jadi kelihatan berwarna 😍😍😍😍 setiap kali kamu posting tentang jepang selalu bikin aku mupeng semupeng-mupengnya pengen banget ke Jepang. Kayak Jepang di musim apapun selalu indah di mata aku deh 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  4. bunga Azalea di pinggir jalan kesannya jadi indah yah. Ternyata banyak ya variasi bunga azalea

    ReplyDelete
  5. Whoaaa indah yaa azalea ini. Warna warnanya mentereng, jadi keliatan berwarna jalanan yang ada disana. Kereen! Thanks yaa kak sudah sharing

    ReplyDelete
  6. Wuih keren banget ya itu bunganya cakep2, tertata rapi pula. Pengen diangkut ke rumah deh

    ReplyDelete
  7. Menurut saya urusan trip luar negeri, emang jepang ini layak dikunjungi dan masuk daftar teratas ya. Thanks ya sharingnya!

    ReplyDelete
  8. Jepang jadi salah satu destinasi impian nih kak, duhh bunganya cantik banget itu kak..

    ReplyDelete
  9. cantiknya azalea, warna warninya menyejukkan mata, semoga ada rezeki untuk berkunjung kesana

    ReplyDelete
  10. Setiap saya baca di sini selalu melihat keindahan baru

    ReplyDelete
  11. Penasaran sama wangi bunga azalea.
    Salutnya kalau di luar negeri tuh bunga-bunga bisa tumbuh segar tanpa ada kerusakan. Apa di sepanjang jalan gak ada kucing?

    ReplyDelete

Thanks for leaving your comments