Harus Diketahui Sebelum ke Kota Nagasaki

by - March 20, 2021


Kota Nagasaki adalah ibu kota dari Nagasaki Perfecture yang memainkan peran strategis selama isolasi nasional, karena di sini diletakkan satu-satunya pelabuhan yang terbuka secara hukum untuk luar negeri yang diizinkan oleh Shogun. Selama Revolusi Industri Meiji Jepang, Nagasaki memiliki 8 situs yang turut mempromosikan modernisasi Jepang. Nagasaki juga menjadi saksi kekejaman perang dunia ke-2 saat bom atom dijatuhkan oleh sekutu dan meluluhlantakkan kota tersebut. Kemudian, kota tersebut berangsur-angsur pulih untuk menunjukkan bahwa perang membawa kesengsaraan pada pihak yang menang maupun kalah dan perdamaian manusia adalah kunci persatuan yang selama ini diidam-idamkan dunia.

Menjadikan Kota Nagasaki sebagai tujuan wisata adalah pilihan yang tepat jika mempertimbangkan keterbatasan waktu dan kemudahan akses transportasi tanpa mengurangi esensi perjalanan itu sendiri. Berikut saya tuliskan beberapa informasi yang dapat digunakan sebagai referensi perjalanan wisata anda.

 

Daftar Isi

 

Akses Menuju Nagasaki City

1.        Dari Nagasaki Airport ke Nagasaki Station

Terdapat dua jalur bus menuju Nagasaki Station, yaitu via Dejima Road dengan durasi perjalanan 43 menit dan via Showa-Machi dengan durasi perjalanan 55 menit. Tarif perjalanan adalah sebesar 1000 Yen (500 Yen untuk anak). Informasi lebih lengkap dapat diperoleh dari website Nagasaki Airport

2.        Dari Hakata Station ke Nagasaki Station

Perjalanan dapat ditempuh dengan kereta JR Kamome Limited Express dengan waktu tempuh 1 jam 59 menit dengan tarif perjalanan 4800 Yen. Informasi lebih lengkap dapat diperoleh dari website JR Kyushu.

3.        Dari Kagoshima/Kumamoto City 

Perjalanan dengan bus dari Kagoshima City dapat ditempuh selama 5 jam 30 menit, sedangkan dari Kumamoto City ditempuh sekitar 4 jam. Reservasi tiket dan informasi lebih lengkap tentang bus tersebut dapat diperoleh dari website Kagoshima Tourism Bus atau Rindo-go Kyushu Highway. 

Perjalanan menggunakan mobil pribadi akan lebih cepat jika menyeberang melalui rute ferry dari Kumamoto menuju ke Shimabara City (1 jam perjalanan), dilanjutkan kembali perjalanan darat ke Nagasaki City.

 

Lokasi Penginapan

Sebagai pertimbangan tempat penginapan, akan lebih baik jika terletak di lokasi strategis seperti pusat kota yang dekat dengan akses transportasi, convenient store maupun restoran. Berdasarkan pertimbangan tersebut, berikut lokasi penginapan yang saya rekomendasikan: 

1.      Nagasaki Shinchi (Chinatown)

Selain Chinatown sendiri adalah lokasi wisata, banyak pilihan restoran dan pusat oleh-oleh di sini. Akses transportasi juga mudah karena dekat dengan tram stop. Lokasi ini sangat crowded, tetapi poin terpenting yang saya garis bawahi adalah saya bisa jalan berkali-kali di Chinatown di malam maupun siang hari dengan suasana berbeda. Untuk menuju Dejima, kita cukup berjalan kaki selama 10 menit dari sini.

2.          Meganebashi

Hampir mirip dengan Chinatown, di Meganebashi juga lokasinya strategis dekat dengan tram stop, restoran dengan berbagai pilihan menu, dan pusat oleh-oleh. Lokasi ini juga memungkinkan kita menikmati suasana di sekitar jembatan Meganebashi baik di malam ataupun siang hari. Pada lokasi yang menjadi pusat kerumunan, saya selalu menyempatkan waktu di pagi hari untuk menikmati suasana dan mendapatkan gambar tanpa banyak orang berlalu-lalang. Kelebihan lokasi ini adalah tidak terlalu padat penduduk, sehingga udaranya terasa lebih segar.

3.          Urakami

Terletak di pusat kota dan dekat dengan Taman Perdamaian dan Museum Bom Atom di Nagasaki. Dekat dengan akses tram stop, meskipun pilihan restorannya tidak sevariatif dua lokasi sebelumnya. Lokasi ini bisa dipertimbangkan apabila keesokan harinya akan memulai perjalanan dari Taman Perdamaian dan Museum Bom Atom terlebih dahulu.

 

Transportasi Dalam Kota

 

Terdapat dua opsi transportasi dalam kota di Nagasaki City, yaitu tram dan bus. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun menggunakan IC-Card (semua jenis IC-Card Jepang dapat digunakan. 

 

Berikut penjelasan detail dari masing-masing jenis transportasi: 

·      Tram

Fare untuk sekali naik tram adalah 140 Yen untuk dewasa. Jika berencana mengelilingi Nagasaki City seharian, akan lebih menguntungkan untuk membeli One Day Ticket seharga 600 Yen untuk dewasa dan 300 Yen untuk anak. One Day Ticket dapat diperoleh di Tourist Information Centers, hotel front desks yang terletak disepanjang jalur tram, dan sales office. Informasi lebih lengkap tentang one day ticket dapat diperoleh di website Nagasaki Electric Tramway.

·      Bus

Fare untuk bus tergantung pada jarak tempuh. Sama seperti tram, untuk mengelilingi Nagasaki City selama seharian akan lebih menguntungkan membeli One Day Ticket seharga 500 Yen untuk dewasa dan 250 Yen untuk anak. Ticket dapat diperoleh di Nagasaki City Tourist Information Center (Nagasaki Station), Coco Walk Bus Center, Nagasaki Bus Tourism Headquarter (Nameshi), Nagasaki Bus General Service Center (Shinchi), dan Nagasaki Bus Sales Office. Informasi lebih lengkap tentang one day ticket dapat diperoleh di website Nagasaki Bus.


Kuliner dan Souvenir

  • Beberapa kuliner terkenal di Nagasaki antara lain Chambon, Sara Udon, Kakuni Manju, Toruko Rice, Goto Udon, dan lain-lain.
  • Makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh (souvenir) khas Nagasaki antara lain yori-yori dan castella.  


Informasi diatas saya tulis berdasarkan referensi perjalanan saya sebelum mengunjungi Nagasaki City. Untuk informasi tentang obyek wisata lainnya di Nagasaki City dapat merujuk ke  Nagasaki City Official Tourism Website.


Read more:

English version of this article can be found here. 

You May Also Like

0 comments

Thanks for leaving your comments