Sebuah Kota Tempat Ikan Koi Berenang

by - February 11, 2022

Pernahkah melihat video di televisi kalau ikan koi di Jepang itu hidup di selokan penduduk yang airnya sangat bersih sekali? Video itu benar dan nyata. Tetapi jangan salah juga, karena tidak semua selokan di Jepang itu ada ikan koi-nya.

Kali ini teman saya mengajak saya berkunjung ke "koi no oyogumachi" (鯉の泳ぐまち) yang secara harfiah berarti kota tempat ikan koi berenang. Di sini memang kita bisa menjumpai ikan koi berenang di sepanjang selokan di dalam kota. 

Saat mengunjungi tempat ini, hujan masih mengguyur sangat deras. Sehingga dengan berat hati saya meninggalkan kamera di mobil dan mengandalkan Iphone 7 yang baterainya sekarat untuk mendokumentasikan pemandangan sekitar. Semoga gambarnya memuaskan ya 😊

Koi no oyogumachi entrance gate
koi no oyogumachi parking area

Menurut informasi dari Nagasaki Tourism Center, Shimabara memang sejak dahulu dikenal sebagai kota air atau mizu no machi (水の町) . Di daerah Shinmachi ini terkenal akan banyaknya sumber mata air. Sampai dikatakan bahwa jika kamu menggali tanah sedalam 50 cm, maka mata air akan keluar. 

Di kota ini, sekitar 1500 ikan koi dilepaskan di saluran air diantara rumah warga oleh asosiasi lingkungan setempat. Tujuannya tidak lain adalah untuk menumbuhkan kepekaan anak-anak terhadap lingkungan, mewariskan sumber mata air yang jernih kepada generasi muda, dan sebagai upaya menarik wisatawan.

nagasaki koi no oyogumachi
ikan koi di kolam depan visitor center (ii)

Karena sumber air ini sangat bersih, air dari saluran air ini dapat langsung diminum lho... Luar biasa sekali!  Nggak perlu repot-repot memasak air kalau begitu kan ya..

Oh ya, karena hujan, ikan koi-nya banyak bersembunyi dibawah jembatan. Sehingga kami pun kesulitan menemukan keberadaannya dan terlihat sangat jarang di foto.

nagasaki koi no oyogumachi
tempat berteduh sambil melihat koi di bawahnya

Sepanjang jalan, banyak disediakan bangunan untuk berteduh yang memungkinkan para pengunjung melihat ikan koi sambil beristirahat dibawah naungan. Oh ya, demi menjaga kebersihan lingkungan, memberikan pakan ikan dilarang lho ya.. Jadi ikan koi ini dibiarkan mencari makanannya sendiri dari alam.

Penampilan Nishiki-koi yang berwarna-warni tentu akan menyejukkan suasana hati yang melihatnya. Koi no oyogumachi saat ini menjadi tempat yang populer untuk berjalan-jalan di sekitar air dan bersantai bagi warga setempat maupun wisatawan dari luar kota.

nagasaki koi no oyogumachi
ikan koi di saluran air penduduk setempat

Kami menghabiskan waktu di sini cukup lama. Pertama, karena ikan koi-nya yang banyak dan lucu-lucu. Kedua, masih amazed dengan kebersihan saluran airnya. 

Ternyata tidak hanya kami yang tetap nekat mengelilingi saluran air di wilayah ini walaupun dalam keadaan hujan. Beberapa keluarga kecil juga menyempatkan berkunjung dan berkerumun dimana ikan koi berkumpul. 


nagasaki koi no oyogumachi
ikan koi di saluran air penduduk setempat (ii)

Demikian ulasan saya tentang Koi no Oyogu Machi. Kujungan ini adalah bagian dari Perjalanan Singkat ke Nagasaki dengan Kyushu Foreign Student Pass. 

Sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya 😉



You May Also Like

4 comments

  1. salah satu wishlist aku pengen banget menjelajah jepang T.T indah dan bersih banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for visit ya :))
      Iya bener banget. Indah, bersih, teratur dan aman buat traveler.

      Delete
  2. Aku cuma pernah dengar cerita kalau selokan di Jepang itu ada ikan koinya. Itu si ikan-ikan koi cari makannya dari mana ya? Selokan kan sempitt >.< Apakah makan plankton2 yang ada??

    Saat kakak ke sana sayang sekali ya sedang hujan lebat. Jadi kurang bisa lan-jalan dengan leluasaaa..

    Di Indonesia, kalo yang begini yang ada ikan koinya ditangkapin buat dijual lagi kali 😅 Duuhhh semoga suatu saat bisa liat ini langsung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Ikan koi omnivora kalau nggak salah... makan daun jatuh, nutrisi yg ada di lumpur, termasuk plankton itu juga mbak :))

      Iyaa.. perubahan musim selalu diiringi hujan :'(

      I think so.. culture orang2nya bener2 beda :D
      Aamin... semoga dikasih kesempatan jalan2 lagi ke Jepang :))

      Delete

Thanks for leaving your comments