JR Kyushu Foreign Student Pass: Jalan Ninja Keliling Kyushu

by - March 18, 2020

Dari banyak postingan saya traveling di Jepang, khususnya di Pulau Kyushu, kira-kira penasaran nggak berapa budget traveling saya? 😅. Saya nggak akan membahas nominalnya berapa Yen ataupun dalam Rupiah (karena pasti kelihatan "wah" banget), tapi saya akan uraikan berapa nilai hemat dari penggunaan JR Kyushu Foreign Student Pass dibandingkan biaya normal yang biasa dipakai orang Jepang 😇

Source: jrkyushu.co.jp

JR Kyushu Foreign Student Pass (JR九州留学生パス)

Adalah tiket kereta api khusus di Pulau Kyushu yang hanya bisa dibeli oleh pemegang status visa ryuugakusei (留学生) atau pelajar asing. Informasi lebih lengkap bisa ditelurusi di website khusus JR Kyushu Foreign Student Pass.

Cara membeli JR Kyushu Foreign Student Pass

JR Kyushu Foreign Student Pass dapat diperoleh di sebagian besar stasiun di Kyushu dan pusat perjalanan JR Kyushu di Kyushu dengan menunjukkan Resident Card dengan izin tinggal sebagai ryuugakusei atau pelajar asing.

Harga JR Kyushu Foreign Student Pass

Harganya sama dengan Kyushu Rail Pass, Northern area 3 hari seharga 7.000 yen dan All area 3 hari seharga 14.000 yen. Aturan dan ketentuannya sangat mirip dengan Kyusuhu Rail Pass. 

Dimana JR Kyushu Foreign Student Pass bisa digunakan?

JR Kyushu Foreign Student Pass dapat digunakan pada seluruh kereta JR di Pulau Kyushu kecuali Sanyo Shinkansen antara Kokura dan Hakata/Hakata-Minami, tetapi tidak mencakup kursi yang dipesan (reserved seat). Sebagian besar kereta memiliki kursi yang tidak perlu dipesan atau jiyuuseki (di gerbong 1-3) dan perlu dipesan shiteiseki (di gerbong 4-6).

Pengecualian untuk naik kereta berikut diperlukan tambahan uang reservasi kursi (dengan pemesanan terpisah) karena tidak ada kursi yang tidak dipesan, yaitu: Yufuin no Mori (Hakata-Yufuin-Oita-Beppu), Anak Aso Ekspres Terbatas! (Kumamoto-Miyaji), SL Hitoyoshi (Kumamoto-Hitoyoshi), Limited Express Ibusuki no Tamatebako (Kagoshima Chuo-Ibusuki) and Limited Express A Ressha de Iko (Kumamoto-Misumi).

Noted: Perjalanan menggunakan JR Kyushu Foreign Student Pass harus dapat menunjukkan Resident Card (Zairyu Kaado) apabila diminta oleh petugas pemeriksa tiket di dalam kereta. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa Resident Card saat bepergian.

Cara menggunakan JR Kyushu Foreign Student Pass

Tidak seperti tiket Shinkansen pada umumnya, tiket JR Kyushu Foreign Student Pass hanya satu lembar. Cukup masukkan tiket tersebut pada mesin tiket yang ada sebelum memasuki stasiun. Tiket ini dapat digunakan keluar masuk stasiun berkali-kali selama dalam tiga hari periode penggunaan.

JR Kyushu Foreign Student Pass
JR Kyushu Foreign Student Pass

Apa kelebihan JR Kyushu Foreign Student Pass?

Pass ini tidak mencakup kursi kelas Green dan jalur JR Bus mana pun, tetapi harganya sangat murah. Tiket All Area (14.670 Yen) jauh lebih murah dibandingkan tiket pulang pergi dari Hakata ke Kagoshima (18.000 Yen). Dan tiket Northern Area (7.330 Yen) jauh lebih murah dibandingkan tiket  pulang pergi dari Hakata ke Kumamoto (10.860 Yen).

Selain itu, perjalanan dari Kagoshima ke Hakata hanya memerlukan waktu 1.5 jam. Lebih cepat jika dibandingkan bus biasa yang memerlukan sekitar 5 jam perjalanan. Jadi, pass ini juga memberikan keleluasaan dalam menghemat waktu tempuh perjalanan.


Tips traveling dengan JR Kyushu Foreign Student Pass:


1. Jaga tenaga dan kondisi tubuh tetap fit selama perjalanan

Meskipun menggunakan Shinkansen sebagai moda transportasi utama, tetapi tidak dipungkiri jalan-jalan di Jepang akan menuntut kita untuk banyak berjalan kaki. Dan berjalan kaki penuh selama tiga hari tentu saja membutuhkan energi yang cukup. Jadi, pastikan kondisi sehat selama perjalanan!

2. Tentukan waktu selama 3 hari penuh

  • Sesuai validity dari JR Kyushu Foreign Student Pass ini yaitu selama 3 hari, sangat rugi jika tidak bisa dimaksimalkan penggunaannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilih waktu di three consecutive holidays atau (sanrenkyu). 
  • Note: Hindari penggunaan di tanggal 1-3 Januari, karena tidak banyak tempat wisata yang beroperasi selama libur oshougatsu (tradisi tahun baru di Jepang).

3.  Tentukan tujuan wisata yang bisa dijangkau dengan JR Pass 

Pilih perfekture yang berdekatan secara geografi, misal: Nagasaki, Saga & Kumamoto; Fukuoka & Oita; Kagoshima & Miyazaki, dll. Selain itu, sebisa mungkin gunakan moda transportasi kereta JR lokal agar tidak memerlukan uang transportasi tambahan.
  • Perjalanan di Fukuoka sangat mustahil bisa diselesaikan dalam satu hari karena jarak dari Hakata ke Kitakyushu yang cukup jauh (dengan kereta lokal), jadi saya mengalokasikan dua hari untuk mengeksplor Fukuoka.
  • Perjalanan ke Oita menggunakan kereta Sonic (Limited Express) dari Hakata - Kokura - Oita membutuhkan waktu tempuh cukup lama, yaitu 2 jam. Sehingga lebih efisien jika tujuan ke Oita ini dipadukan dengan Fukuoka dengan menginap di sekitar Kokura Station.
  • Perjalanan dari Hakata ke Nagasaki City perlu menggunakan kereta Kamome (Limited Express). Perjalanan ini lebih efisien dikhususkan untuk mengeksplorasi kawasan Isahaya, Unzen, Shimabara, dll.
  • Sedangkan dari Hakata ke Sasebo dan Huis ten Bosch menggunakan kereta Midori (Limited Express), dimana keretanya akan terbagi dua di stasiun Haiki untuk menuju ke stasiun tujuan masing-masing (gerbong 1-4 untuk tujuan Huis ten Bosch, gerbong 5-8 untuk tujuan Sasebo). Dengan demikian, untuk wilayah Sasebo & Huis ten Bosch akan lebih efisien jika dipadukan dengan perjalanan ke Perfektur Saga.

4. Buat ittinerary sedetail-detailnya, terutama jadwal kereta lokal

Jadwal kereta lokal dari Hakata ke Saga bisa jadi lebih banyak dibandingkan dari Saga ke Hakata. Dengan demikian, akan lebih efisien jika mengetahui secara pasti jadwal kereta lokal terutama dari daerah kecil ke kota, supaya tidak menghabiskan waktu untuk menunggu kereta di stasiun.

Sekian artikel tentang tips jalan-jalan murah di Kyushu dengan budget mahasiswa 😆. Sampai jumpa di info jalan-jalan selanjutnya 👋

Salam,



You May Also Like

2 comments

  1. Apa ada blog post yang lebih menjelaskan wisata apa saja yang bisa dikunjungi di area Kyushu ini? Saya selalu tertarik dengan Jepang dan selalu ingin kembali mengunjungi Jepang :)
    Thank you dan salam kenal ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak :)
      Di blog saya, di bagian paling atas terdapat menu "Countries" dan silakan dipilih "Japan". Sejauh ini tulisannya masih seputar tempat wisata di Kyushu. Sama mbak, saya juga ingin kembali lagi jalan-jalan ke Jepang :))
      Terimakasih sudah menyempatkan blog walking kemari.

      Delete

Thanks for leaving your comments